Rekomendasi Shampo Rambut Rontok Bahan Alami Non SLS Non Paraben

Masalah rambut rontok adalah masalah umum yang terjadi diantara kita. Banyak hal yang bisa menyebabkan rambut seseorang menjadi rontok mulai dari masalah kesehatan fisik maupun mental hingga aktivitas pada rambut itu sendiri. Ada banyak pula cara yang ditawarkan untuk mengatasinya, salah satunya adalah nutrisi yang dikandung dalam shampo, produk harian yang paling umum kita gunakan. Belakangan, banyak produk shampo dikembangkan dari bahan-bahan alami, yang memang tidak akan memperparah kerusakan rambut. Beberapa diantaranya memang dikhususkan untuk memperkuat rambut sehingga tidak mudah rontok. 




Sekilas tentang Kerontokan Rambut

Secara umum rambut rontok tidak berbahaya, sebatas mempengaruhi penampilan dengan menipisnya rambut hingga resiko kebotakan permanen. Tapi kerontokan rambut kadang menjadi indikasi kondisi tubuh tertentu. Namun sebelum menganggapnya sebagai hal serius, kita perlu mengetahui bahwa rambut memang akan rontok setiap harinya, dalam batas normal berkisar antara 50-100 per hari. Lebih dari itu berarti ada yang perlu kita perbaiki. Ini tentu bergantung pada penyebabnya masing-masing.

Melansir situs kemenkes, beberapa penyebab rambut rontok berlebih itu bisa berupa faktor genetik, perubahan hormon misalkan setelah melahirkan, kondisi medis seperti anemia atau infeksi kulit, kondisi mental seperti stres, serta kebiasaan penanganan yang tidak tepat pada rambut seperti penggunaan hair dryer berlebihan atau pengecatan. Jika dibiarkan kebiasaan faktor-faktor tersebut dapat memperparah kondisi rambut kita. 

Jika dirasa kerontokan rambut sudah melebihi jumlah normal dan mengganggu, maka kita perlu mencari tahu penyebabnya sembari melakukan penanganan sederhana seperti menata rambut dengan lembut, menerapkan pola hidup sehat dari makanan hingga mengurangi stres, perawatan dengan bahan alami seperti liday buaya, minyak kelapa, air lemon, dll. Perawatan lain yang dapat kita upayakan dengan mudah adalah menggunakan shampo berbahan dasar alami yang telah teruji dapat memperkuat akar rambut tersebut.


Rekomendasi Shampo Alami untuk Rambut Rontok

Sebagai orang yang senantiasa berjuang dengan kerontokan rambut, saya sudah mencoba cukup banyak produk perawatan rambut yang diklaim mampu mengatasi masalah tersebut. Untuk menangani masalah tersebut, saya memang memiliki preferensi untuk tidak menggunakan produk komersil, ditambah dengan gerakan boykot yang dilakukan bersamaan. Semakin tidak ada alasan untuk menggunakan produk-produk global itu. Selain itu saya juga cenderung memilih produk buatan lokal yang dibuat dari bahan alami, selain biasanya berbau lebih wangi juga tidak ada resiko merusak diri dan bumi. 

Nah, dibawah ini adalah pilihan shampo berbahan alami buatan lokal yang telah diuji dapt mengurangi kerontokan rambut. Tapi ingat, setiap produk tetap memiliki kecocokan dengan kondisi kita masing-masing, jadi sesuaikan dan silahkan coba saja, ya. 


  • Moayu 

Ini salah satu shampo anti rontok awal-awal saya, berkat penggunaannya disalon langganan saya dulu, moz5. Karena seluruh perawatannya menggunakan produk moayu ini jadilah saya coba produknya yang waktu itu sudah bisa dijual umum. Sebenarnya saya cocok dengan shampo ini, wanginya juga sesuai dengan selera dengan kandungan unggulan berupa ginseng dan habbattussauda. Tetapi saya pilih untuk menggantinya karena kandungannya yang kurang alami. Setelah saya lihat sekarang, sepertinya telah dikembangkan formula baru yang sls free dan lebih sedikit kandungan kimia buatan. 

  • Ree Derma

Produk ini terbuat dari bahan alami tanpa SLS dan paraben bahkan juga aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Untuk penanganan rambut rontok disediakan shampo bersama hair oil yang diteteskan sebelum keramas dan hair tonic yang disemprotkan setelah keramas. Bahan unggulan yang dapat mengatasi kerontokan adalah asam amino, bunga lawang, rosemary, kayu manis, dsb. Melihat ulasan dan tagline nya sebagai solusi rambut rontok tentu saya membeli dengan ekspektasi tinggi, ditambah ketika produknya datangd engan wangi rempah yang saya suka, lalu busa shampo yang hampir tidak ada menandakan absennya zat pembuat busa seperti sls. Namun sayang, bagi saya hasilnya biasa saja sehingga saya tidak punya keinginan untuk membeli lagi. 

  • dr Soap

dr Soap adalah produsen berbagai produk perawatan tubuh dan pembersih yang telah memiliki gerai resmi di Senayan City Mall. Mengusung tema natural, dr Soap juga memiliki produk perawatan rambut berupa shampo anti rontok yang dibuat dari ekstrak apel, lidah buaya, juga mawar. Wanginya menyenangkan, tekturnya pas, busanya tidak berlimpah, dan pada awalnya cukup ampuh mengatasi kerontokan rambut. Saya sempat berpikir bahwa pencarian saya telah berakhir sehingga melakukan pembelian berulang. lalu entah apa yang salah, pada botol kesekian kerontokan rambut saya memburuk, bahkan saya sampai berhenti menggunakannya beberapa waktu lalu memutuskan untuk melakukan pencarian lagi. 
  • Bodhi Tree Ailia
Ini juga salah satu shampo yang cocok dan berulang kali saya beli. Diklasifikasikan sebagai castile shampo yang artinya menggunakan minyak alami, disini minyakkelapa juga zaitun, tanpa bahan sintetis. Lalu ada tambahan kandungan alami seperti lidah buaya, rosemary, juga lavender membuat shampo ini cocok untuk mengurangi rambut rontok. Tekstur dan wanginya juga menyenangkan. Apalagi shampo ini dikemas dengan tutup yang runcing diujungnya, memudahkan kita untuk menuang shampo. 
  • Jevarine

Produk ini sepertinya cukup cocok oleh banyak orang. Dengan klaim untuk menguatkan akar rambut dan mempercepat pertumbuhannya, serta menghilangkan ketombe, mungkin shampo ini sudah menjadi jawaban dari pemilik masalah rambut rontok. Kandungan unggulanya adalah lidah buaya, urang aring, minyak kemiri yang memang sudah teruji bagus untuk rambut. Saya sendiri pernah menggunakannya beberapa kali, wanginya sih cukup segar, tapi belum nampak ada perubahan berarti. Setelah dilihat komposisinya memang non sls nan praben tetapi ada beberapa unsur yang belum diketahui apakah bersumber dari bahan alami atau buatan. 
  • Lavojoy

Ini juga bisa dikategorikan sebagai produk best seller dengan ulasan yang meyakinkan. Dengan formula yang dikembangkan oleh Lab LVJ Australia, produk ini dijamin dapat menambah volume rambut dalam lima bulan. Kandungan unggulannya antara lain adalah ginseng, jahe, angelica, juga kafein yang dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut. Dari komposisinya, memang tidak ada sls, paraben, tapi shampo ini punya banyak unsur kimia yang tidak diketahui apakah dari sumber alami atau bukan. 
  • Boemi Botanicals
Satu lagi produk yang cukup menarik untuk dicoba, berasal dari Bali. Meski belum banyak ulasan tapi klaim dan komposisi bahannya cukup menjanjikan. Tanpa sls dan paraben, seluruh bahannya adalah essential oil yang didapatkan dari sumber lokal. Kandungan unggulan untuk mengatasi rambut rontoknya adalah lidah buaya, ginseng, serta kopi. Apalagi ada kemasan refill 1L yang bisa menghemat hingga setengahnya. 


Nah, itulah beberapa produk shampo yang dikhususkan untuk rambut rontok dari bahan alami. Namun kita tetap harus benar-benar memperhatikan komposisi produk jika memang mencari yang benar-benar alami, karena tidak sedikit penjual yang mengklaim produknya dari bahan alami namun ternyata dalam kadar yang sangat sedikit. Ada juga beberapa produk perawatan rambut rontok yang pernah saya coba ternyata mengandung sls atau sejenisnya. Bagi saya, ketika kita mencoba produk perawatan tubuh alangkah lebih baik jika dari bahan alami karena minim resiko, jadi kalaupun tidak memperbaiki setidaknya tidak merusak. Beberapa produk lain sebenarnya juga bisa digunakan untuk mengatasi rambur rontok meski tanpa klaim untukitu. Kembali lagi, tergantung pada kecocokan masing-masing rambut kita. Selamat mencoba!



Salam, Nasha

0 Comentarios

Mau nanya atau sharing, bisa disini!